MELON, SI BULAT MANIS KAYA MANFAAT

Pagi tadi Saya melihat melon yang masih nangkring berbentuk bulat di atas meja makan. Kebetulan kami sekeluarga memang salah satu keluarga penyuka melon. Tidak hanya melon saja, hampir semua buah kami suka. Tetapi karena yang saya lihat tadi pagi adalah melon, maka tiba-tiba Saya memiliki keinginan untuk menulis tentang melon dan manfaatnya.

Di Indonesia, biasanya melon dikonsumsi langsung sebagai buah segar untuk dinikmati sebelum makan atau bahkan sesudah makan. Ada pula yang mengolahnya menjadi campuran es buah atau puding. Tetapi apapun olahannya, yang bisa kita lihat adalah bahwa melon merupakan salah satu buah favorit dan disuka banyak orang.

Setuju kan? Pasti setuju deh.

Namun ternyata kita biasanya hanya tahu mengkonsumsi saja ya. Tanpa tahu bahwa buah satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Kali ini, Saya akan  coba mengupas hanya enam manfaat buah melon. Iya hanya enam saja, dari sekian banyak manfaat yang ada.

Yuk, langsung saja ya. Supaya kita juga cepat makan melonnya. Udah ga tahan nih sebenarnya, kepengen segera mengupas dan memotong melonnya.

Baiklah, kita bahas keenam manfaat buah melon menurut versi Saya ya.

  1. MEMBANTU MENURUNKAN BERAT BADAN

Nah, ini manfaat yang penting banget. Terutama untuk para perempuan, notabene para gadis dan ibu-ibu yang selalu kewalahan dengan berat badannya. Mengapa melon dianggap ideal sebagai buah penurun berat badan?

Karena melon adalah buah bebas lemak dan kolesterol. Kandungan airnya yang tinggi dengan rasa manis membuat orang yang memakannya akan merasa kenyang.

Nah, bagi yang sedang berusaha untuk mengurangi berat badan, boleh banget lho untuk dicoba.

 

  1. MENORMALKAN TEKANAN DARAH

Memang secara umum sudah kita ketahui bahwa dengan banyak konsumsi buah-buahan akan menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung. Khusus untuk buah melon, jika rutin mengkonsumsinya maka kandungan potasium di dalamnya akan membantu untuk menjaga tekanan darah normal.

Bagi teman-teman yang sering memiliki tekanan darah yang naik turun, bisa dicoba nih untuk rutin mengkonsumsi buah melon.

 

  1. MENYEHATKAN DAN MEREMAJAKAN KULIT

Yang namanya kesehatan kulit apalagi meremajakan kulit, sudah jelas sekali para gadis dan ibu-ibu doyan banget nih. Supaya tidak perlu menggunakan faceapp yang sedang booming banget itu ya.

Ternyata, melon disebut memiliki manfaat maksimal untuk kulit adalah karena kandungan vitamin C dan kolagen di dalamnya. Vitamin C selain membuat sehat kulit, juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh lho. Wah… wah… berarti saat buah lemon sedang mahal dan sulit dicari seperti saat ini, buah melon bisa menjadi alternatif pilihan ya. Sedangkan kolagen sangat baik untuk mempertahankan kekencangan kulit. Nah, kolagen inilah yang bisa membantu menghaluskan dan menghidrasi kulit.Hasilnya kulit menjadi sehat, mulus, dan kencang. Wow idaman banget dong ya.

 

  1. KESEHATAN PENCERNAAN

Mengapa melon disebut sebagai salah satu buah yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan? Karena melon memiliki kandungan serat makanan. Terutama serat larut seperti pektin, yang terkandung pada melon sangat tinggi. Serat pektin ini bisa membantu menghilangkan sembelit, melancarkan buang air besar, dan mampu mengatasi masalah pencernaan lainnya.

Sepertinya kesehatan pencernaan ini erat kaitannya dengan poin nomer satu ya. Dengan lancarnya pebuangan, maka berat badan pun bisa berkurang. Betul kan?

 

  1. MERINGANKAN MASALAH MENSTRUASI

Nah kalau yang ini ternyata masih erat kaitannya dengan kandungan vitamin C di dalam buah melon. Ternyata kandungan vitamin C dalam buah melon efektif  dalam mengatur aliran  darah dan mengurangi kram saat menstruasi pada wanita. Ya tentu pada wanita lah ya, hehehe.

Konsumsi melon secara teratur pada saat menstruasi dapat mengurangi aliran dan pembekuan secara signifikan, sehingga dapat menghilangkan masalah menstruasi lainnya.

 

  1. MENGURANGI STRESS

Saat anda stress dan detak jantung meningkat, cobalah untuk konsumsi buah melon. Mengapa? Karena kandungan potassium di dalam melon dapat menormalkan detak jantung dan meningkatkan suplai oksigen ke otak. Sehingga bisa membuat anda merasa lebih santai dan fokus.

Selain itu, melon juga mengandung  superoksida dismutase yang dapat memerangi stress  dengan menurunkan tekanan darah dan menenangkan saraf. Ini sekaligus mencegah kematian sel akibat stres oksidatif.

 

Demikian diskusi dan obrolan santai kita kali ini tentang manfaat buah melon. Semoga kita bisa kembali mengobrol santai dengan obrolan lain yang lebih asik ya.

Semoga tulisan dan obrolan kita bisa bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi saya agar bisa memberikan tulisan-tulisan apik lainnya di lain waktu.

 

Wimala Anindita,

Bandung, 020620

 

0